Nusantara Games, Sarana Kebersamaan dan Wadah Potensi Mahasiswa Sudan


Khartoum. Terhitung mulai beberapa hari ke belakang ini, sebagian besar mahasiswa Sudan mulai mempersiapkan diri mereka untuk menyambut Nusantara Games. Mulai dari mengadakan perkumpulan setiap kekeluargaan hingga panitia yang sibuk dengan konsep acara yang akan mulai diadakan dari tanggal 6-14 Agustus mendatang ini. Meski sebagian mahasiswa lainnya masih disibukkan dengan ujian semester, namun mereka seolah tak kehilangan motivasi untuk ikut andil dalam annual event PPI Sudan ini.

Ngomong-ngomong, apa sih sebenarnya Nusantara Games itu?

Nusantara Games adalah acara tahunan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Sudan, yang secara khusus ditangani oleh Departemen Olahraga (DEPORA). Acara ini berisikan perlombaan-perlombaan dalam bidang olahraga, keterampilan dan seni. Diikuti oleh para mahasiswa-mahasiswi yang terbagi dalam beberapa kekeluargaan, sesuai dari tempat mereka berasal.

Acara ini bertujuan untuk menjadi sarana silaturrahim antar mahasiswa-mahasiswi Indonesia di Sudan, yang memiliki ragam suku budaya, bahasa dan latar belakang yang berbeda. Agenda ini juga bertujukan untuk menyaring potensi dan passion para mahasiswa-mahasiswi serta memfasilitasi potensi mereka agar terus berkembang dan ter-support dengan baik.

Pelaksanaan dan koordinasi acara Nusantara Games ini memang bentuk manifestasi dari visi dan misi PPI Sudan sendiri. Yaitu untuk mewadahi juga meningkatkan kemampuan softkill dan potensi warga PPI Sudan serta memfasilitasinya agar terpantau dan terus berkembang. Sehingga kapabilitas dari setiap individu mahasiswa menjadi balance, antara bekal akademis di perkuliahan hingga bekal softskill dan keterampilan yang mumpuni.

Dalam Nusantara Games tahun ini akan diadakan berbagai macam perlombaan. Untuk kategori mahasiswa, terdapat perlombaan-perlombaan yang meliputi futsal cup, takraw, public speaking, catur, badminton, tenis meja, cerdas cermat, hifdzul Qur’an, bola voli, lari estafet hingga kaligrafi. Sedangkan untuk kategori mahasiswi, terdapat perlombaan-perlombaan yang meliputi kaligrafi, public speaking, badminton dan juga hifdzul Qur’an.

Dengan motto “Bersatu dalam karya, berjuang demi cita” sudah jelas kemana arah pelaksanaan Nusantara Games ini bertuju. Untuk merangkul erat seluruh mahasiswa Indonesia di Sudan demi sebuah kebersamaan dan karya yang nyata. Serta berjuang bersama di tanah rantau –tanah Dua Nil–  ini untuk saling support demi cita-cita pribadi dan ummat.

Semoga panitia serta seluruh jajarannya sukses merepresentasikan tujuan utama dari PPI Sudan dalam pengadaan acara ini. Ayoo support terus kekeluargaan kamu dan kita kampanyekan bersama sportifitas dan prioritaskan kebersamaan! Sukses selalu Nusantara Games 2016!!