PPI Sudan mengadakan Ifthor Jama'i Ramadan 1437 H


Khartoum-Dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadan 1437 H, PPI Sudan bekerja sama dengan Persatuan Pelajar Putri Indonesia (PPPI) Sudan mengadakan acara Ifthor Jama'i Ramadan 1437 H di sekretariat PPI Sudan, Kamis 9 juni 2016.

Chairil Amal selaku pembawa acara, membuka acara tepat pada pukul 18.30 EAT. Acara dibuka dengan tilawah ayat suci Al-Qur'an oleh Mustaghfiri Asror Bunis.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua PPI Sudan, Saleh Aldjufri. Saleh dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara Ifthor jama'i ini merupakan ajang silaturahim mahasiswa Indonesia di Sudan. Ia menjelaskan acara Ifthor Jama'i ini diadakan di awal Ramadan, dikarenakan banyak dari kalangan Mahasiswa sebentar lagi akan menghadapi ujian.

Sambutan selanjutnya dari Bapak Duta Besar Republik Indonesia untuk Sudan dan Eritrea, Bapak Drs. Burhanuddin Badruzzaman. Bapak Duta Besar sangat mengapresiasi upaya para pengurus PPI baru tentang komitmennya untuk tepat waktu dalam setiap acara. Beliau pun berpesan kepada seluruh mahasiswa agar menyiapkan ujian dari jauh-jauh hari. Mahasiswa diharapakan menggunakan waktu luangnya dengan sebaik mungkin.

Acara dilanjutkan Tausiyah dengan pembicara Ustadz Khairuddai, mahasiswa S2 University of Holy Quran and Islamic Sciences. Ia mengkiaskan bahwa Ramadan seperti sebuah Madrasah. Pasti ada yang lulus dan ada yang tidak. Siapa yang lulus, pasti ia akan meraih kemuliaan di sisi Allah dengan mewujudkan esensi taqwa di dalam dirinya pasca Ramadhan.

Beliau pun menghimbau dan menantang seluruh mahasiswa, agar dapat berkarya semaksimal mungkin dengan segala keterbatasan yang ada di Sudan ini. Sehingga Mahasiswa Indonesia bisa kembali ke tanah air sebagai solusi, bukan sebagai polusi.

Sebelum berbuka, pihak Non-Sudanese Student Welfare Organization selaku instansi yang mengurus seluruh mahasiswa asing di Sudan, mengucapkan terima kasih kepada PPI Sudan yang telah mengundangnya dalam acara Ifthor jama'i kali ini, seraya menyampaikan ucapan salam ketua umum organisasi tersebut Ir. Muhammad Abdullah alQadhi yang pada kesempatan ini berhalangan hadir.

Tepat setelah azan Maghrib dikumadangkan, suasana buka puasa pun terasa khidmat karena Ifthor jama'i ini tidak hanya dihadiri mahasiswa saja, namun juga dihadiri beberapa tamu undangan seperti para staf KBRI Khartoum, kalangan Profesional, dan pihak Non-Sudanese Student Welfare Organization.

Acara ditutup pada pukul 20.00 EAT setelah berakhirnya rangkaian acara Ifthor Jama'i.