Grand Opening Nusantara Games PPI Sudan 2016


Khartoum- Sabtu 6 Agustus, 2016, PPI Sudan adakan Grand Opening Nusantara Games 2016. Acara ini merupakan seremonial pembukaan Nusantara Games, perhelatan olahraga akbar seluruh elemen masyarakat Indonesia yang berada di Sudan.

Bertempat di GOR Naja Shaleh Khartoum, acara ini dihadiri oleh sebagian besar WNI yang terdiri dari TKI dan TNI yang sedang berdinas di Khartoum, serta segenap staff KBRI Sudan bersama mayoritas mahasiswa Indonesia yang belajar di Sudan.

Dimulai pada pukul 09.00 EAT, acara diawali dengan tilawah ayat suci Al-Qur'an oleh saudara Aginanjar Wahyunijaya sebagai utusan dari PPI Sudan. Acara lalu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari ketua panitia Nusantara Games 2016, penanggung jawab sementara PPI Sudan, serta bapak Duta Besar RI untuk Sudan dan Eritrea Drs. Burhanuddin Badruzzaman.

Firman Hadiansyah selaku ketua panitia Nusantara Games 2016 melaporkan seluruh detail konsep kegiatan dalam sambutannya. Ia berharap agar NG2016 ini selain sebagai sarana olahraga, juga sebagai sarana pemersatu dan silaturrahim antar WNI di Sudan.

"Olahraga bukan saja menyangkut jasmani, namun ia juga bertugas sebagai benang yang dapat menyambungkan satu dengan yang lainnya. Semoga dengan kegiatan ini silaturrahim dapat terwujud dan kita mampu bersama-sama membangun negeri," ujar Firman dalam sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari wakil ketua PPI Sudan, Kiagus Ahmad Firdaus. Mahasiswa yang baru saja terpilih sebagai koordinator PPI regional Afrika dan Timur Tengah ini memberikan apresiasi penuh atas kontribusi panitia yang mayoritas justru berstatus sebagai mahasiswa baru di Sudan.

"Sungguh bangga untuk menyadari bahwa panitia yang merupakan mahasiswa-mahasiswa baru di Sudan ini justru memiliki spirit dan ide-ide yang fresh untuk mensukseskan NG2016. Semoga bisa lebih mendongkrak prestasi PPI Sudan yang saat ini telah menjadi salah satu PPI teraktif. Selamat berkontribusi!" Kiagus dalam sambutannya.

Sambutan terakhir dari Duta Besar RI untuk Sudan dan Eritrea, bapak Drs. Burhanuddin Badruzzaman. Beliau begitu bangga dan terharu dengan laporan panitia dan sambutan dari wakil ketua PPI Sudan. Ia mengapresiasi prestasi dan kegiatan PPI yang semakin berkembang dan bermanfaat dari waktu ke waktu. Sebagai orang nomor satu di KBRI dan mewakili segenap WNI, beliau mengaku sangat bangga. "Saya tak dapat menyembunyikan perasaan tadi," ujar pak Burhan, panggilan akrab beliau.

"Hari ini kita mulai kegiatan kita dengan olah raga, olah hati dan olah otak. Karena ketika semuanya dijadikan satu, akan muncul sebuah produk. Untuk memiliki jiwa, mental, karakter dan hati yang sehat dibutuhkan jasmani yang prima." pak Burhan melanjutkan sambutannya.

"Niat silaturrahim harus didukung dengan kreasi dan inovasi. Dalam momen ini, selain fisik, kita tingkatkan juga kualitas pikiran, moralitas dan mental kita. Dan jangan lupa sebagai muslim, mari kita luruskan niat agar segala hal bernilai ibadah di mata Allah Ta'ala," tutup pak Burhan.

Acara kemudian berlanjut dengan pembukaan Nusantara Games secara simbolis yang dipimpin langsung oleh pak Burhan. Kemudian diadakan perfotoan bersama sekaligus menutup acara Grand Opening Nusantara Games 2016.