Bimbingan Belajar Intensif PPI Sudan Termin 2



Departemen Pendidikan PPI Sudan telah mengadakan BimBelin (Bimbingan Belajar intensif) termin 2 di sekretariat PPI Sudan dan Masjid Atiq Universitas Internasional Afrika  selama sekitar satu Bulan, tepatnya 32 hari. Dimulai dari tanggal 13 November 2016 sampai tanggal 15 Desember 2016.

Program BimBelin  bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam mengulang dan memahami materi yang dipelajari di Universitas. Dengan waktu yang cukup panjang tersebut, peserta diharapkan mampu termotivasi untuk lebih giat dalam belajar, serta memudahkan peserta dalam ujian semester ganjil ini.

Program rutin tahunan PPI Sudan ini dibuka dengan pendaftaran secara online via whatsapp. Peserta dapat memilih mata kuliah nya  sesuai dengan keinginan, dan mata kuliah yang dipilih terbanyak menjadi prioritas pada Bimbelin kali ini.

Walaupun Bimbelin dikhususkan untuk mahasiswa tingkat 1, namun beberapa mata kuliah bagi mahasiswa tingkat 2 juga  diikut sertakan dalam program ini.

Program BimBelin ini terbagi menjadi 3 bagian dalam pelaksanaannya. Diawali dengan pembahasan materi mata kuliah  pada tanggal 13 November hingga 8 Desember 2016, terdapat 12 mata kuliah yang dibahas dalam program ini. 9 mata kuliah untuk mahasiswa tingkat 1 dan 3 mata kuliah untuk mahasiswa tingkat 2.

Bagian kedua dalam program BimBelin ini adalah Seminar Pra Ujian pada tanggal 10 Desember 2016 yang diisi oleh Ust. Khoiru Da'i sebagai pembicara pertama dan Ust. Abdul Muiz Abbas Musthofa sebagai pembicara kedua. Pembicara pertama memaparkan tentang pentingnya belajar, membaca, menulis, berdiskusi, dan ikhlas dalam menyelesaikan tugas kita sebagai mahasiswa. Sedangkan pembicara kedua menyampaikan tips dan trik secara teknis untuk menghadapi ujian semester ganjil ini.

Bagian ketiga dari program BimBelin ini adalah Try Out dan pembahasan soal pada 8 mata kuliah mahasiswa tingkat 1 yang dibahas dalam program ini dari 9 mata kuliah seluruhnya. Try Out ini berjalan selama 3 hari mulai 13 Desember hingga 15 Desember 2016

Program ini bekerjasama dengan Departemen Pendidikan Persatuan Pelajar Putri Indonesia dalam pelaksanaannya.