Mahasiswa Indonesia di Sudan Mengadakan Asean Students Games 2017


KHARTOUM-Persatuan Pelajar Indonesia di Sudan (PPI Sudan) bekerja sama dengan Persatuan Pelajar Putri Indonesia di Sudan (PPPI Sudan) dan KBRI Khartoum menyelenggarakan ASEAN Students' Games (ASG) 2017. ASG 2017 merupakan agenda PPI Sudan pertama yang mempartisipasikan beberapa mahasiswa dari negara-negara ASEAN serta China. Terhitung 5 negara ASEAN ikut berkontribusi yang diantaranya adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Kamboja, serta negara China sebagai tambahan peserta.

Diselenggarakan di GOR Najah Saleh Khartoum, ASG 2017 dibuka pada Jum'at (28/4) pagi. Agenda yang mengangkat tema "Meningkatian Kualitas Pemuda ASEAN" ini dihadiri langsung oleh kedubes RI untuk Sudan dan Eritrea, bapak Burhanuddin Badruzzaman, para kontingen dari tiap negara peserta, dan juga perwakilan dari Munadzamah Wafidin di Sudan.

ASG 2017 mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari segala pihak. Bahkan kedubes RI menganggap bahwa agenda ini sangat berperan signifikan dalam memperkuat hubungan antara negara Asia Tenggara.

"Asian Students' Games tahun ini diselenggarakan sebagai bagian dari HUT ASEAN yang ke-40. Dengan tema yang diangkat, diharapkan mampu untuk menjadi spirit baru dalam memperkuat hubungan di berbagai bidang antara negara ASEAN." Ujar beliau pada saat pembukaan ASG 2017, Jum'at (28/4).

Agenda yang berlangsung selama kurang lebih satu minggu ini memperlombakan berbagai cabang olahraga dan dibagi dalam 2 kategori, yaitu kategori putra dan putri. Untuk kategori putra, diperlombakan beberapa cabang lomba diantaranya; futsal, badminton (single dan double) serta tenis meja (single dan double). Sedangkan untuk kategori putri, diperlombakan juga beberapa cabang lomba meliputi; fruit carving, kaligrafi, senam, badminton dan bola voli.

Kontingen Indonesia dan Thailand berhasil keluar sebagai juara dari mayoritas cabang perlombaan. Sedangkan kontingen kamboja gagal meraih satupun medali dalam ASG 2017 kali ini.

DAFTAR PEMENANG ASG 2017.

KATEGORI PUTRA

Futsal:
Juara 1: Indonesia
Juara 2: Thailand

Badminton (Single):
Juara 1: Indonesia
Juara 2: Thailand

Badminton (Double):
Juara 1: Indonesia
Juara 2: Malaysia

Tenis Meja (Single):
Juara 1: Indonesia
Juara 2: Malaysia

Tenis Meja (Double):
Juara 1: Thailand
Juara: China

KATEGORI PUTRI

Fruit Carving:
Juara 1: Thailand I
Juara 2: Thailand II

Kaligrafi:
Juara 1: Thailand
Juara 2: Indonesia

Senam:
Juara 1: Indonesia
Juara 2: Thailand

Bola Voli:
Juara 1: Thailand I
Juara 2: Thailand II

Badminton:
Juara 1: Indonesia I
Juara 2: Indonesia II