Jalan Sehat : 10.000 Langkah Kemerdekaan


Khartoum - Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-72 serta HUT Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia, Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Sudan bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Khartoum menyelenggarakan kegiatan jalan sehat yang bertajuk "10.000 langkah kemerdekaan". Kegiatan ini pun merupakan puncak dari rangkaian semarak HUT RI yang dilaksanakan dari tanggal 12 Agustus - 19 Agustus 2017. 

Acara dibuka secara langsung oleh Duta Besar RI untuk Sudan dan Eritrea Drs. Burhanuddin Badruzzaman pada pukul 08.30 waktu setempat. Dalam sambutannya Dubes RI merasa sangat bahagia dan bangga atas terselenggaranya kegiatan ini, terlebih lagi kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk pertama kalinya selama masa penugasannya di Khartoum. 

"Saya berharap kegiatan semacam ini dapat terus kita tradisikan sebagai media untuk memperkokoh nasionalisme kita terhadap bangsa kita dan juga sebagai media untuk memperkokoh silaturrahmi diantara kita sebagai warga negara Indonesia di Sudan. Semoga walaupun sempat diguyur hujan, inilah bukti semangat kita untuk terus mempertahankan dan menyebarkan spirit kemerdekaan Indonesia kepada masyarakat di sekitar kita." Sempat diguyur hujan yang cukup deras, ternyata tidak mengurangi antusiasme masyarakat Indonesia dari berbagai elemen untuk turut serta memeriahkan kegiatan ini. Duta Besar RI kemudian melepas rombongan peserta dari garis start di Green Yard sembari panitia membagikan kupon kepada peserta yang nantinya akan diundi untuk mendapatkan berbagai macam doorprize yang telah disediakan. Kegiatan Jalan Sehat ini mampu menyedot perhatian masyarakat, tidak hanya masyarakat Indonesia di Sudan namun juga masyarakat Sudan yang menyaksikan secara langsung kegiatan tersebut. Sesampainya di titik akhir, peserta disambut oleh Duta Besar RI beserta Sekjen Dewan Persahabatan Indonesia Sudan yang turut hadir guna memberikan ucapan selamat HUT RI ke-72 dan juga mengucapkan selamat atas hubungan persahabatan yang telah terjalin antara Indonesia dan Sudan selama ini. Bapak Duta Besar RI menutup rangkaian kegiatan Semarak HUT RI ke-72 yang terdiri dari Nusantara Games 2017, Lomba Rakyat dan Jalan Sehat secara resmi dengan pemukulan drum dan symbal. Acara pun dilanjutkan dengan pembagian hadiah, doorprize, hiburan rakyat serta bazar jajanan Indonesia.

Muhammad Ruhiyat Haririe, selaku wakil ketua PPI Sudan pun menyatakan kegembiraannya atas terselenggaranya kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang ikut menyemarakkan kegiatan perayaan HUT RI tahun ini. 

"Terima kasih kepada seluruh penyelenggara terutama panitia Nusantara Games 2017 serta KBRI Khartoum yang terus bekerja keras untuk mewujudkan acara ini. Terima kasih pula yang tak terhingga kepada para donatur yang terus mendukung acara ini. Semoga kedepannya PPI Sudan mampu menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang menarik, kreatif dan inovatif." Ujarnya