SHOLAT IDULFITRI 1439 H DI NEGERI SERIBU DARWIS BERNUANSA NUSANTARA

Khartoum - Suara takbir berkumandang merdu di Wisma Duta KBRI Khartoum pada 16 Juni 2018 yang bertepatan dengan 1 syawal 1439 H dimana seluruh umat muslim di dunia merayakan Hari Raya Idulfitri. Para mahasiswa dan masyarakat Indonesia yang berada di Sudan memenuhi halaman Wisma dalam nuansa lebaran bak di tanah air. Acara tahunan ini dimulai dari pukul 05.30 CAT, dimulai dengan lantunan takbir hingga sekitar pukul 06.00 CAT. Kemudian Bapak Fahmi Umar selaku MC memberikan arahan agar segera melangsungkan shalat Idulfitri. 

Shalat ied yang dipimpin oleh Saudara M.Hibatullah Zain berjalan dengan khidmat dan khusyu'. Kemudian dilanjut dengan khutbah ied yang dibawakan Saudara Fawwaz Hidayatullah Zarkasy. Lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Duta Besar untuk Sudan dan Eritrea, Bapak Rosalis Rusman Adenan M.B.A. yang berbahagia bisa merasakan nuansa khas Indonesia yang dihadirkan di Wisma Duta hari ini. Beliau juga memberitahukan bahwa hubungan Sudan dan Indonesia semakin erat dengan bertambahnya jumlah mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di Sudan. Selain itu, Sudan juga termasuk salah satu dari 144 negara yang mendukung Indonesia menjadi bagian Kemanan di organisasi dunia, PBB. Setelahnya, pembacaan doa yang dipimpin Saudara Ribut Nur Huda.

Selepas berdoa, seluruh warga negara indonesia yang hadir di kesempatan itu berjabat tangan satu sama lain, berbincang-bincang dan bermaafan. Di iringi dengan lagu religi khas indonesia yang semakin menambah nuansa lebaran di Indonesia. Dilanjut dengan sesi foto bersama antar kekeluargaan, ormas ataupun instansi yang berada di Sudan. 

Pada akhir acara, dan yang ditunggu-tunggu oleh para hadirin yaitu adalah menikmati hidangan khas lebaran Indonesia seperti opor ayam, rendang, dan menu nusantara lainnya yang sudah disajikan oleh Panitia. Para hadirin sangat menikmati hidangan khas indonesia ini, bahkan salah satu mahasiswa indonesia memberikan testimoninya pada hidangan lebaran kali ini dengan sangat bahagia dan antusias. 

"Alhamdulillah saya bisa menikmati salah satu menu favorit saya di tanah air setelah 1 tahun lamanya tidak menyantapnya, saya seperti sedang lebaran dirumah" pungkasnya.


Selamat Hari Raya Idulfitri 1439 H. Mohon Maaf Lahir dan Batin. Semoga Allah SWT menerima amalan-amalan kita di Ramadhan tahun ini dan mempetemukan kita dengan Ramadhan-ramadhan selanjutnya.