SHOLAT IDULADHA 1439 H WNI DI SUDAN

Khartoum - Selasa (21/8) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Khartoum menggelar Sholat Iduladha 1439 H bersama dengan seluruh Warga Negara Indonesia yang berada di Sudan. Lokasi penyelenggaraan Sholat Iduladha 1439 H adalah Wisma Duta Besar RI, Khartoum 2, Khartoum.

Sholat dimulai pada pukul 07.20 waktu setempat, dan dihadiri oleh lebih dari 200 WNI di Sudan dari berbagai profesi mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga pekerja imigran.

Adapun petugas Imam Sholat Iduladha 1439 H adalah Ustadz Dhiyaurrahman Safiruddin S.Pd.I. Sedangkan petugas Khotib adalah  Ustadz H. Fahmi Umar, B.Sh, M.A.

-jalannya acara-

Setelah bus-bus jemputan peserta telah sampai di Wisma Duta Besar RI, para panitia mengarahkan agar supaya duduk di shaf-shaf yang telah disediakan.

Lalu pukul 07.05 waktu setempat acara dimulai dengan pembukaan dan pembacaan perolehan hewan kurban Iduladha 1439 H dari perwakilan Biro Sosial PPI Sudan.

Setelah selesai pembacaan perolehan hewan qurban, sholat Iduladha 1439 H dimulai dipimpin oleh Ustadz Dhiyaurrahman Safiruddin S.Pd.I. Kemudian dilanjutkan dengan khutbah ied oleh Ustadz H. Fahmi Umar, B.Sh, M.A.

Dalam khutbah nya beliau menyampaikan bahwa pendidikan terhadap anak sangat lah penting untuk membentuk generasi emas penerus dakwah Islam. Dan kita perlu mengambil teladan Nabi Ibrahim a.s karena beliau adalah seorang yg sangat taat dengan perintah Allah. Dan perlunya menjadi anak yang berbakti kepada orangtua seperti yang terjadi pada kisah Ismail a.s yang hampir disembelih karena ketaatannya kepada Allah dan ayahnya Ibrahim a.s. 

" Mari kita bersama-sama menjadi pribadi yang taat akan perintah Allah swt. Dan juga kita perlu meniru teladan seperti yang di ajarkan oleh Nabi Ibrahim a.s dan anaknya Ismail a.s dalam pengaplikasian terhadap kehidupan kita bersosial maupun terhadap orangtua.. " ucap sang khatib di penghujung khutbahnya.

Setelah selesai, dilanjutkan dengan shalat ghaib dan doa bersama seluruh peserta untuk almarhum Ayahanda Ibu Duta Besar RI, Ibu Yani R. Adenan yang wafat pada hari Sabtu, 18 Agustus 2018.

Acara terakhir yaitu ramah tamah antar Warga Negara Indonesia di Sudan dan panitia menyediakan sarapan untuk seluruh peserta Sholat Iduladha 1439 H seperti nasi, kentang balado, bakso, risol, acar, mie bihun dan lain-lain yang membuat aroma Iduladha seperti berada di kampung halaman.

Acara berakhir, seluruh peserta pulang ke tempat masing-masing menggunakan bus-bus jemputan, dan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban di Sekretariat PPI Sudan, Arkaweet Block 49 Khartoum.

Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar
Laaillahaillallahuallahuakbar
Allahuakbar wa lillahil hamd


(Reporter : 1. Ninis 2. Nashruddin Hasan Maryono)