SEMINAR INTERNASIONAL PPI SUDAN




Penyerahan Sertifikat Oleh Ketua PPI Sudan M. Ruhiyat Haririe 
kepada Syeikh Dr. ‘Abdul Haay Yusuf di Qoah Dakwah (Doc. Biro Komhumas)
Khartoum - Senin, 15 Oktober 2018. Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Sudan bekerja sama dengan Persatuan Pelajar Putri Indonesia (PPPI) Sudan dan juga Ikatan Mahasiswa Indonesia (IMI) sukses menyelenggarakan acara Seminar Internasional.

Acara dengan tamu utama Syeikh Dr. Abdul Haay Yusuf sebagai salah satu Ulama Besar di Sudan ini diselenggarakan di Aula Dakwah International University of Africa. Syeikh Muhammad Abu Ubaidah pun turut hadir. Tak lupa, ratusan mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai negara juga ikut serta meramaikan seminar ini.

Dipimpin oleh Saudara Rabbani sebagai pembawa acara, acara ini dimulai dengan lantunan ayat suci Al-Quran yang dibacakan oleh Saudara Sutejo.

Dilanjut dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh ketua pelaksana yaitu Saudara Zulkifli. Dilanjutkan dengan sambutan kedua dari Ketua IMI yaitu Saudara Dedi Mulyana. Dan dilengkapi dengan sambutan terakhir dari Ketua PPI, Muhammad Ruhiyat Haririe. Ketiganya memberikan sambutan hangat kepada seluruh hadirin dengan bahasa Arab, mengingat tidak hanya mahasiswa Indonesia yang menghadiri Seminar Internasional ini.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan nama-nama Mahasiswa yang lulus dengan Predikat Mumtaz oleh Saudara Satria Agung. Dilanjut dengan penyerahan piagam kepada nama-nama yang telah disebut. Bpk. Fahmi Umar M.A. dan Ibu Cut Dinawati menjadi perwakilan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang menyerahkan piagam kepada para peraih predikat Mumtaz (sempurna).

Acara dilanjutkan ke acara pokok, yaitu Seminar pertama, Syeikh Muhammad Abu Ubaidah menyampaikan beberapa materi kepada para hadirin yang dengan antusias mendengarkan dan mencatat isi materi. Tak lama berselang, Syeikh Abdul Haay sudah mendatangi Aula Dakwah. Didampingi oleh Wakil Ketua PPI Sudan, Faizal Ridwan Syawie selaku moderator, beliau memulai Seminar Internasional ini.

Pada kesempatan ini, beliau banyak memberikan nasihat kepada para hadirin tentang pentingnya persatuan islam dan mengeratkan tali persaudaraan sesama umat islam. Setelah itu beliau memberikan kesempatan bertanya kepada hadirin yang memenuhi aula. Saudara Sholahuddin dan Saudari Ainur Rohmah menjadi perwakilan yang memberikan pertanyaan kepada Syeikh Dr. Abdul Haay Yusuf.

Kemudian, dilanjut dengan pemberian hadiah simbolis sebagai kenang-kenangan dari PPI Sudan untuk beliau yang diberikan langsung oleh Saudara Ruhiyat Haririe selaku ketua PPI.
Di akhir acara, Saudara Muthiullah Hibbatullah memimpin doa bersama dengan khusyu'.

Dalam sebuah wawancara, seorang mahasiswa asal Nigeria mengatakan acara ini sangat bagus dan menghadirkan banyak manfaat terutama kepada para mahasiswa, bahkan ia ingin acara seminar seperti ini kembali diselenggarakan ke depannya.

Seluruh panitia acara International Seminar turut mengucapkan terimakasih dan permemohon maaf kepada seluruh hadirin dan pihak-pihak yang telah mensukseskan acara ini dan semoga kedepannya acara ini bisa kembali terlaksana dengan lebih baik lagi. (Rep. ANA/REN)