KBRI KHARTOUM ADAKAN ORIENTASI MABA 2018 SEKALIGUS SOSIALISASI PEMILU SERENTAK DAN KEKONSULERAN.


Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 (Dok. Hasan)


Khartoum - Sabtu (17/11) Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 dan Orientasi Mahasiswa Baru tahun akademik 2018/2019 terselenggara dengan baik dan sukses. Omsiaty Hall Khartoum menjadi tempat dihelatnya acara tahunan ini. 

Acara yang merupakan kerjasama antara Panitia Pemilihan Luar Negeri dan KBRI Khartoum ini bertujuan untuk mensosialisasikan tata cara pemilihan umum yang akan diselenggarakan pada tanggal 12 April 2019 di KBRI & Wisma Duta Khartoum, Sudan. Acara ini juga ditujukan untuk menjelaskan pelayanan kekonsuleran & pelayanan WNI di Sudan. 

Acara ini dihadiri langsung oleh Yang Mulia Bapak Duta Besar RI untuk Sudan dan Eritrea Drs. Rossalis Rusman Adenan, M.Ba beserta home staff KBRI Khartoum, Dharma Wanita Persatuan, ratusan  mahasiswa baru dari berbagai jalur keberangkatan dan juga tamu uundangan dari Organisasi Masyarakat, Organisasi Politik serta Kekeluargaan Mahasiswa.

Acara dimulai dengan pengenalan PPI Sudan ke mahasiswa baru yang disampaikan oleh saudara Muhammad Harry Suyudi. Selain mengenalkan apa itu PPI Sudan Harry juga menegaskan bahwa PPI adalah organisasi yang meng-cover seluruh mahasiswa yang belajar disini baik dibidang pendidikan maupun non-pendidikan, "Jadi PPI Sudan adalah tempat untuk memfasilitasi seluruh mahasiswa baik dalam bidang pendidikan maupun non-pendidikan. Kalau mau dapat fasilitas itu ya harus menjadi anggota PPI Sudan yaitu dengan mendaftarkan diri ke PPI" pungkasnya.

Saudara Harry Suyudi memperkenalkan Organisasi PPI kepada para Mahasiswa Baru angkatan 2018/2019. (Dok. Hasan)


Dilanjutkan dengan pemilihan ketua angkatan hingga terpilihlah ketua mahasiswa angkatan 2018/2019 yaitu Saudara Muhammad Tammam Mulki dan Saudara Randu Rahmatan Hanif yang akan menjabat sebagai Wakil ketua.

Setelah pengenalan dan pemilihan ketua angkatan, inti dari acara tahunan ini dimulai. Diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh saudara Afdhal Zikro. Kemudian sambutan dari Duta Besar RI Sudan dan Eritrea, Drs. Rossalis Rusman Adenan, M.Ba. Dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa dan mahasiswi baru yang datang ke Sudan serta beliau mengapresiasi tim PPLN dan juga beliau juga menghimbau untuk bersama-sama mentaati peraturan yang berlaku baik di lingkup KBRI maupun Pemerintah Sudan. "Mari kita bersama-sama mensukseskan pemilu tahun 2019. Selamat datang di Sudan mahasiswa/i baru selamat belajar dan semoga sukses. Dan pesan saya agar mentaati peraturan yang berlaku supaya tidak terjadi hal-hal yang di inginkan." ucap bapak Dubes dalam sambutannya.

Penjabaran tata cara, syarat dan peraturan Pemilu 2019 oleh Saudara Azim Aufaq dan Saudari Badriyah Andini. (Dok. Hasan)

Lalu dilanjutkan dengan Sosialisasi Pemilu 2019 yang disampaikan oleh perwakilan tim PPLN Khartoum Saudara Azim Aufaq dan Saudari Badriyah Andini. Keduanya menjabarkan kepada para hadirin mulai dari tata cara, syarat hingga peraturan yang harus dipenuhi WNI yang memiliki hak suara pada pemilu 2019 nanti.

Selepas sosialisasi pemilu, dilanjutkan dengan break sejenak. Menyantap hidangan yang telah disediakan oleh panitia. Dilengkapi beberapa lagu yang ditampilkan dari The Zaboons Band.

Setelah break, dilanjutkan dengan Orientasi bagi mahasiswa baru angkatan 2018/2019. Pada kesempatan kali ini Bapak Djumara Supriyadi dari KBRI juga menjelaskan tentang kekonsuleran di KBRI Khartoum beserta segala sesuatu yang berkaitan dengan pelayanan WNI di Sudan. 

Penutupan acara dengan sesi foto bersama para Hadirin dengan Duta Besar RI untuk Sudan dan Eritrea beserta Home Staff. (Dok. Hasan)

Acara ditutup dengan ramah tamah dan foto bersama para hadirin dengan Bapak Duta Besar beserta home staff KBRI Khartoum. (Reporter : Annida)