PPI SUDAN ADAKAN SEMINAR PELATIHAN PENULISAN SKRIPSI DAN KAJIAN ISU STRATEGIS

Suasana pelatihan penulisan Skripsi ( Dok. Sabiq )

Khartoum - Jum'at (30/11) PPI Sudan mengadakan 2 acara, yaitu Seminar Pelatihan Penulisan Skripsi dan Kajian Isu Strategis . Kedua Acara yang dilaksanakan mulai pukul 09.00 dan 16.00 CAT ini menggunakan Aula Sekretariat PPI Sudan dalam perhelatannya.

Acara pertama ialah Seminar Pelatihan Penulisan Skripsi, acara ini dihadiri langsung oleh Narasumber yaitu Saudara Rayi Setiadi Putra yang mana merupakan lulusan S1 International University of Africa di Fakultas Dirosat Islamiyah/Islamic Studies di jurusan Hadist.

Acara ini terbuka untuk umum dan dihadiri oleh mahasiswa/i dari berbagai Universitas. Terutama yang telah menempuh semester akhir perkuliahan di Sudan.

Dalam seminarnya Saudara Rayi menjelaskan secara detail kepada para hadirin bagaimana penulisan skripsi yang benar dan sesuai ketentuan dari Universitas di Sudan, mulai dari pemilihan judul yang tepat, pelatihan dengan dosen pembimbing, hingga proses pengerjaan dengan media komputer.

( Dok. Sabiq )


Sebelumnya, para hadirin sudah diberitahukan untuk membawa laptop/notebook dengan aplikasi Microsoft Word agar mempermudah pembelajaran.

Acara berhenti sejenak untuk melaksanakan ibadah shalat Jum'at dan kembali di lanjutkan sekitar pukul 13.00 CAT. Di sela-sela pembelajaran hadirin dipersilahkan menikmati hidangan yang sudah disediakan oleh penyelenggara acara.

Semoga dengan diadakannya seminar ini, Mahasiswa dan Mahasiswi dapat menyelesaikan Skripsi dengan baik dan mendapatkan hasil yang baik pula.

Setelah jeda untuk melaksanakan sholat ashar, acara dilanjutkan ke acara Kajian Isu Strategis yang membahas tentang bagaimana posisi umat Islam sekarang yang mulai diserang dengan perang pemikiran atau biasa disebut Ghazwul Fikr.

Ust. Agus Yasin M.Pd.I menjabarkan tentang Ghazwul Fikr atau Perang Pola Pikir. ( Dok. Renaldi )


Acara yang diprakarsai oleh Biro Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Kelembagaan (BPSDMK) PPI Sudan ini dipimpin oleh Saudara Habib Izzudin sebagai MC. Seusai membuka acara, MC mempersilahkan Saudara Ridwan Syawie selaku Wakil Ketua PPI Sudan untuk memberikan sambutan. Lalu, acara dilanjutkan langsung ke acara inti yaitu Kajian dari Narasumber.

Dengan Narasumber Ust. Agus Yasin M.Pd.I yang merupakan seorang dosen di UNIDA Gontor, kajian ini mengupas habis tentang Ghazwul Fikr, mulai dari sejarah peradaban barat di Middle Age hingga masa kejayaan Islam yang dinamakan Dark Age oleh Masyarakat Barat.

Lalu Beliau juga menjelaskan bagaimana pola pikir barat mulai dimasukkan ke budaya Indonesia, mulai dari masuknya ketentuan HAM dari masyarakat barat, munculnya faktor-faktor Pornoaksi yang membebaskan masyarakat dalam berekspresi hingga berjamurnya aliran-aliran yang mengutamakan kebebasan pola pikir atau kebebasan akal yaitu paham Liberalisme.

Suasana Kajian Isu Strategis. ( Dok. Renaldi )


Seusainya acara inti, acara ditutup dengan do'a dan ramah tamah sembari menikmati hidangan acara. Dengan diselenggarakannya acara kajian ini, PPI Sudan berharap Mahasiswa dan Mahasiswi bisa lebih terbuka dalam berpola pikir, terutama dalam mengatasi masalah umat Islam yang digempur terus menerus dengan perang pemikiran oleh masyarakat barat.