PERINGATAN HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 2018

Silaturahmi Masyarakat Indonesia di Khartoum dalam Memperingati Hari Pahlawan. (Dok. REN)

Bertepatan pada hari Sabtu (10/11), KBRI Sudan bekerja sama dengan PPI Sudan mengadakan peringatan hari Pahlawan 10 November. Kegiatan kali ini diikuti oleh mahasiswa/i, WNI dan beberapa WNA di Sudan yang bertempat di wisma KBRI Sudan. Diawali dengan pembukaan sekaligus pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Afdhal Dzikra sehingga menambah sejuk suasana pada pagi hari tersebut. 

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Duta Besar Indonesia untuk Sudan yaitu  Drs. Rossalis Rusman Adenan, MBA. "Peringatan bukan hanya kegiatan yang sifatnya rutin, tetapi kita harus bisa lebih memaknai selain daripada semangat pahlawan tersebut yaitu dengan mentransformasikan semangat pahlawan itu sendiri", ujar beliau dalam sambutannya.

Selanjutnya, penampilan perfome seni tari yaitu Tari Indang yang dibawakan oleh beberapa mahasiswa Indonesia. Disambung dengan pembacaan puisi oleh M. Faishal Syawie yang sangat menggelora dalam rangka memeringati Hari Pahlawan 10 November ini.

Setelahnya acara inti yaitu talkshow mengambil topik "Apa saja kontribusi kita sebagai pemuda/i bagi Indonesia kedepannya". Talkshow kali ini turut menghadirkan 2 narasumber yang berkompeten. Narasumber pertama dalah Bapak Jimmy Nadapdap selaku Directions Operastions at World Vision Sudan dan Region Director Humanitarian and Emergencies Affairs, South Asia and Pacific Region. Narasumber kedua adalah Bapak Agus Yasmin, M.Pd.I selaku Dosen UNIDA Gontor sekaligus mahasiswa S-3 Omdurman University, Sudan. 

Di akhir acara ada penampilan pentas seni acapella oleh perwakilan dari keluarga Semari dan penampilan akustik oleh The Zaboon's. Tak lupa juga pada acara peringatan Hari Pahlawan hari kali ini terdapat sesi pelelangan lukisan kaligrafi dan berbagai karya hasil dari kreatifitas mahasiswa Indonesia di Sudan. (Rep ANA/HNF)