ASEAN STUDENT'S DAY 2019, AJANG PENGUATAN SOLIDARITAS PELAJAR ASEAN DI SUDAN

Foto bersama seluruh delegasi atlet ASD 2019
KHARTOUM - Biro Keolahragaan dan Kesenian PPI Sudan bekerjasama dengan KBRI Khartoum mengadakan acara ASEAN STUDENT'S DAY (ASD) 2019. Dengan mengangkat tema "Solidarity and Brotherhood" acara ini diikuti oleh 5 negara ASEAN diantaranya, Indonesia, Kamboja, Malaysia, Myanmar, dan Thailand. Event akbar tahunan ini digelar selama 2 hari, yaitu bertepatan pada tanggal 15-16 Maret 2019. Dibuka pada tanggal 15 Maret 2019 di Najah Soleh Sport Hall dan ditutup pada tanggal 16 Maret 2019 di Shohafah Sport Hall.

Tujuan dari perhelatan ini adalah sebagai bentuk nyata peran diplomasi PPI Sudan dalam menjaga keharmonisan dan kesatuan pelajar dari negara-negara yang tergabung sebagai anggota ASEAN yang sedang menempuh pendidikan di Sudan. Selain itu kegiatan ini diselenggarakan untuk menguatkan solidaritas dan kerjasama antar persatuan pelajar negara ASEAN di Sudan.

ASD 2019 dibuka secara  langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk Sudan dan Eriteria, bapak Rossalis Rusman Adenan, MBA,  bersama dengan Duta Besar Malaysia untuk Sudan, Mr. Muhammad Razdan bin Jamil. Dalam sambutannya, Duta Besar Indonesia sangat mengapresiasi kegiatan ini serta akan selalu memberikan dukungan terhadap segala bentuk kegiatan yang bersifat positif. Beliau juga merasa bangga terhadap PPI Sudan yang berhasil mengadakan event ini. Menurutnya, acara ini merupakan salah satu tindakan yang mengharumkan nama bangsa Indonesia karena dapat menciptakan hubungan yang harmonis antar pelajar ASEAN yang sedang mengenyam pendidikan di Sudan. 

Pada tahun ini, ASD digelar selama 2 hari dengan beberapa cabang lomba yang diselenggarakan diantaranya yaitu futsal, Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ), Musabaqah Qiroatul Kutub (MQK), dan kaligrafi. 

Dimulai dari pertandingan futsal yang dilaksanakan pada hari Jumat, 15 Maret 2019 di Najah Soleh Sport Hall dimana mempertemukan pemain-pemain delegasi dari negara ASEAN. Gol demi gol yang tercipta membuat persaingan sengit dalam pengejaran poin antar delegasi. Akhirnya, pada partai final mempertemukan antara delegasi Indonesia dengan delegasi Thailand. Dalam pertandingan yang berlangsung selama 2 x 15 menit tersebut, delegasi Indonesia unggul atas delegasi Thailand yang berakhir dengan dengan skor tipis 2-1. 

Esok harinya, acara dilanjutkan dengan closing ceremonial yang bertepatan dengan tanggal 16 Maret 2019 dilaksanakan di Sahafa Sport Hall. Dihadiri oleh Bapak Duta Besar Indonesia untuk Sudan dan Eriteria, Duta Besar Malaysia untuk Sudan, serta pelajar dari negara ASEAN. Acara closing ceremony kali ini dilaksanakan pada malam hari. Event ini ditutup secara simbolis dengan penyerahan bendera ASEAN dari Duta Besar RI dan Duta Besar Malaysia kepada Wakil Ketua PPI Sudan, sdr. Faisal Syawie.

Closing Asean Student's Day 2019
Selain penutupan oleh Duta Besar Indonesia, hal yang paling ditunggu yaitu pengumuman serta pembagian hadiah dari berbagai perlombaan yang telah dilaksanakan. Adapun hasil dari berbagai cabang lomba yang dilaksanakan yaitu dari cabang perlombaan kaligrafi putri, Rasyidah Abdul Ghany  dan Hafshah Munariwah (delegasi Thailand) berhasil berhasil menyabet juara 1 dan Dwinda Fitri, Sheny Widya Sugiharti (delegasi Indonesia) meraih juara 2.  Untuk cabang lomba MQK kategori putra, Muhammad Sholahudin Ibnu Mawardi (delegasi Indonesia) menempati juara 1 dan Syed Muhammad Nur Bukhari bin Syed Mohd Abu Bakar (delegasi Malaysia) menempati juara 2. Sedangkan untuk kategori putri, Nasya Qatrunnada (delegasi Indonesia) juara 1 dan 2 berhasil diraih oleh delegasi asal Indonesia juga yaitu, Aliftita. Kemudin dari lomba MHQ untuk kategori putra juara pertama berhasil diraih oleh Muhammad Yusri Ramadhan (delegasi Indonesia) dan juara 2 diraih oleh Sholeh Hafiz Shiraj (delegasi dari Myanmar).  Untuk kategori putri MHQ  Suryani (delegasi Indonesia) berhasil meraih juara 1 dan juara 2 diraih oleh Ai Siti Fatimah (delegasi Indonesia). Terakhir, yaitu cabang perlombaan futsal dimana delegasi Indonesia berhasil keluar sebagai juara 1 dan delegasi Thailand berhasil keluar sebagai juara 2. 

Pada acara closing ceremonial M. Ruhiyat Haririe, selaku Ketua Umum Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Sudan menyampaikan rasa terimakasih atas kerja keras seluruh panitia sehingga event 2 tahunan ini dapat berjalan dengan baik. "Tak lupa saya ucapan terimakasih kepada seluruh peserta dan berbagai pihak yang sudah turut ikut serta dalam mensukseskan event ASD pada tahun 2019 ini" ujarnya. 


Di sela sela acara closing ceremonial, Duta Besar Indonesia berserta Duta Besar Malaysia sempat menari bersama diiringi oleh lagu Maumere. Acara malam closing Asean Student's Day 2019 ditutup dengan menonton film asal Indonesia yang sudah diterjemahkan ke bahasa Inggris dan Arab dengan judul "Aisyah, biarkan kami bersaudara".

Tidak ada komentar