PERKUAT KERJASAMA DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI, DP-PPI SUDAN MELAKUKAN SILATURRAHMI DENGAN PERSATUAN PELAJAR MALAYSIA SUDAN (PMMS)

Khartoum (8/3/2019) - Dewan Pengurus PPI Sudan melakukan silaturrahmi dengan PMMS pada hari Jumat, 8 Maret 2019. Bertempat di Rumah Makan Bayt Bukhori, DP PPI Sudan diterima secara langsung oleh Presiden PMMS, Ust. Alif Ludin beserta jajaran Exco (pengurus) PMMS. Silaturrahmi tersebut merupakan salahsatu upaya untuk memperkuat kerjasama yang selama ini telah terjalin serta membangun soliditas diantara para pelajar dari negara-negara ASEAN di Sudan.

Diawali dengan perkenalan singkat dari seluruh anggota yang hadir, silaturrahmi tersebut berlangsung hangat. Presiden PMMS kemudian membuka acara tersebut sekaligus menjelaskan sekilas mengenai PMMS yang sudah berdiri sekitar 27 tahun. Beliau menyampaikan beberapa program unggulan yang dilaksanakan oleh PMMS dalam beberapa tahun terkahir serta berbagi banyak hal terutama terkait kondisi dan kegiatan para mahasiswa dari Malaysia di Sudan. Beliau pun kemudian menjelaskan terkait rancangan dan target jangka panjang organisasi, diantaranya adalah bagaimana menciptakan para alumni yang kuat dalam bidang ekonomi.

Sdr. Muhammad Ruhiyat Haririe, Ketua PPI Sudan menyampaikan rasa bahagia dan terima kasih atas undangan dan jamuan yang dilakukan oleh PMMS dalam rangka memperkokoh solidaritas dan persaudaraan sesama rumpun melayu di perantauan. Beliau pun kemudian menjelaskan secara singkat sejarah PPI Sudan, struktur dan program kerja PPI Sudan yang berjalan selama satu periode ini. Tak lupa Ketua PPI Sudan menjelaskan terkait dengan perkembangan dan peningkatan PPI Sudan yang berdiri 10 tahun lebih awal dari PMMS terutama terkait kiprah PPI Sudan di kancah regional (Timur Tengah dan Afrika) serta di kancah dunia.

“Kami tentu merasa bahagia pada malam ini dan berterima kasih atas jemputan yang diberikan oleh kawan-kawan PMMS. Kita sudah cukup lama membangun kerjasama yang baik, dan semoga kedepan dapat kita tingkatkan dalam rangka membangun soliditas sebagai sesama pelajar dari ASEAN. Dan ini pun upaya kita untuk terus menciptakan perdamaian diantara kedua negara kita dan membangun kesepahaman diantara kita.”


Memasuki sesi sharing dan tanya jawab, banyak sekali ide dan masukan yang diterima oleh PPI Sudan maupun PMMS terutama dalam bidang peningkatan ekonomi organisasi, pengelolaan lembaga serta optimalisasi peran alumni di Tanah Air. Baik PPI-S maupun PMMS memiliki tantangan tersendiri sekembalinya ke tanah air sehingga para pelajar dituntut untuk senantiasa membangun kemandirian sejak dini sebelum kembali berkiprah kepada masyarakat di tanah air masing-masing. Kedua organisasi pun berfikir banyak sekali program kerja yang bisa diadopsi dan dikerjasamakan dari masing-masing organisasi dalam rangka peningkatan kualitas dan mutu program yang dilaksanakan guna membangun organisasi dan SDM yang lebih kokoh kedepannya.

Melihat kondisi Sudan yang sedang kurang baik dari segi ekonomi yang berdampak pada kondisi ekonomi pelajar di Sudan serta tantangan para alumni Timur Tengah dan Afrika dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), PPI Sudan dan PMMS menyatakan siap untuk bahu membahu membangun ekonomi yang kuat di kalangan pelajar dan alumni. Presiden PMMS pun menyatakan kesiapannya bekerjasama dengan PPI Sudan dalam program peningkatan ekonomi dan tentunya dalam program-program yang melibatkan para pelajar ASEAN di negeri 2 nil.

“Insya Allah, kami dari PMMS siap untuk terus membangun kerjasama dengan PPI Sudan, khususnya terkait dengan pengembangan ekonomi di kalangan mahasiswa, alumni dan organisasi dan kami siap berbagi ide dan program demi kebaikan dan kemajuan kita bersama.” Pungkas Presiden PMMS.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata oleh kedua presiden dan foto bersama dengan seluruh pengurus. Selesai foto bersama, acara dilanjutkan dengan makan malam dan ramah tamah.

Tidak ada komentar