MAHASISWA INDONESIA "MEMBEGAL" WARGA SUDAN DI JALANAN

Pembagian Takjil gratis untuk pengguna jalanan. (Dok. Birokomhumas)
Khartoum - Setelah sebelumnya berhasil menyelenggarakan Tarhib Ramadan dan Buka Bersama mahasiswa Indonesia, Panitia Gema Ramadan Penuh Cinta yang diinisiasi oleh Biro Sosial dan Kaagamaan PPI Sudan dan Departemen Media dan Sosial Persatuan Pelajar Putri (PPPI) Sudan berhasil menyelenggarakan Iftar fi Syari’ atau lebih dikenal dengan pembagian takjil dan iftar gratis dijalanan pada hari Selasa (21/5). Acara ini terselenggara dengan baik dan sesuai rencana di seputaran Markas Islami jalan Madani tepatnya didepan kampus International University of Africa.

Acara yang pada periode sebelumnya dinamakan Takjil On The Road ini adalah merupakan rangkaian dari program Gema Ramadan Penuh Cinta 1440H dan merupakan program lanjutan dari tahun-tahun sebelumnya. Konsep acara ini sama halnya pembagian takjil di tanah air, 30 menit menjelang waktu berbuka, panitia membagikan takjil gratis kepada para pejalan kaki dan pengendara di sekitar lampu lalu lintas.

Acara ini memiliki keunikan tersendiri, pasalnya adalah mahasiswa Indonesia berganti membegal masyarakat Sudan yang biasanya mereka membegal mahasiswa Indonesia saat menjelang berbuka puasa.

Warga Sudan yang mengikuti acara ini sangat senang dan antusiasnya sangat tinggi karena image Indonesia yang sangat istimewa dihati mereka. “Indonesia (penyelengara acara) sangat baik, acara ini menarik, saya menyukainya” ucap salah satu warga sudan dengan bahasa Arab yang sudah diterjemahkan oleh Crew Media Pers PPI Sudan.

Suasana iftar di jalanan bersama warga Sudan. (Dok. Birokomhumas)
Selain membagikan takjil, panitia menyuguhkan iftar berupa Kari Ayam khas masakan Indonesia, es qarqadeh, buah-buahan hingga roti yang digelar di tikar-tikar di seputar lokasi kegiatan Iftar fi Syari’. Meniru kebiasaan masyarakat Sudan, sebelum adzan berkumandang, panitia “membegal” warga Sudan yang melintas agar bergabung dan berbuka di tikar yang sudah disediakan oleh panitia.


Ketua dan Wakil Ketua PPI Sudan, Ali Faiz Al Hasan dan Falah Aziz turut serta bergabung langsung dengan panitia di lapangan. Keduanya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap agenda seperti ini akan tetap menjadi agenda tahunan PPI Sudan kedepannya. Keduanya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut serta menyukseskan acara ini dan berharap balasan yang terbaik untuk para donatur yang sudah memberikan donasi terbaiknya sehingga acara ini dapat berjalan dengan baik. (Redaksi : Nashruddin Hasan Maryono)

1 komentar:

  1. Semoga Allah mengganti kerja keras kalian dengan pahala kebaikan, dan juga para muhsinin yang sudah berpartisipasi dalam bentuk material.

    BalasHapus