BPSDMK HADIRKAN TEMA "THE WORLDVIEW OF ISLAM" DALAM KAJIAN ISU KONTEMPORER

Ustadz Ahmad Zarkasyi, B.A, narasumber Kajian Isu Kontemporer. (Dok. BKHK)

Khartoum - Sabtu (14/9) Biro Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Kelembagaan (BPSDMK) PPI Sudan mengadakan acara yaitu Kajian Isu Kontemporer dengan mengangkat tema “The Worldview of Islam” yang dinarasumberi oleh Al Ustadz Ahmad Zarkasyi, B.A. Acara ini berhasil diselenggarakan di Aula Ahmad Surkati, Sekretariat PPI Sudan. Acara dimulai selepas Shalat Ashar waktu setempat hingga menjelang Maghrib. Dihadiri oleh mahasiwa dan mahasiswi Indonesia di Sudan. 

Tujuan diadakannya Kajian Isu Kontemporer ini adalah agar supaya mahasiswa yang mengambil studi di Timur Tengah dan Afrika terkhusus di Sudan itu selain memperdalam ilmu agama dengan kajian-kajian turats, harus diimbangi juga dengan kajian atau diskusi mengenai isu kontemporer. Dengan diadakannya kajian seperti ini, harapan kedepannya mahasiswa indonesia  akan lebih siap mengahadapi persoalan-persoalan umat terkini. Sehingga setelah lulus tidak hanya fakih dalam ilmu agama tapi tajam juga dalam pemikiran dan intelektualnya. 

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Kajian Isu Kontemporer kali ini di moderatori langsung oleh saudara Habib Abdurrahman Izzudin (Koord. BPSDMK). Ketua PPI Sudan, Ali Faiz Al Hasan memberikan sambutan seusai pembacaan Al-Qur’an didalam sambutannya ia membeberkan maksud dan tujuan diselenggarakannnya acara ini. Juga, beliau berterima kasih kepada sang narasumber dan seluruh partisipan yang mangikuti kajian isu kontemporer hingga tuntas.

“Alhamdulillah saya ucapkan terima kasih kepada BPSDMK yang telah menyelenggarakan acara yang sangat baik ini. Dan juga saya mengucapkan terima kasih kepada Al Ustadz Ahmad Zarkasyi yang bersedia menjadi narasumber tema kajian kali ini. Semoga acara ini kedepannya dapat menghadirkan tema-tema yang menarik untuk kajian sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh semua pelajar Indonesia di Sudan“ pungkas ketua PPI Sudan.

Kemudian, dilanjutkan ke acara inti yaitu pembahasan The Worldview of Islam oleh Al Ustadz Ahmad Zarkasyi, B.A.

Adapun rangkuman pembahasan The Worldview of Islam yang disampaikan oleh narasumber adalah cara pandang/ worldview seseorang itu akan menentukan/mempengaruhi segala hal dalam kehidupannya, termasuk bagaimana cara dia memahami agama. Tidak sedikit orang islam yang justru lebih memilih  cara pandangnya menggunakan worldview barat dibanding worldview islam. Maka, tidak heran ada cedekiawan islam tapi keliru dalam memahami syariat islam.

Ketua PPI Sudan, Ali Faiz Al Hasan memberikan sertifikat kepada narasumber. (Dok. BKHK)
Setelah pemaparan dari narasumber, Ketua PPI Sudan menyerahkan sertifikat dari PPI Sudan dan kajian isu kontemporer ditutup.


Kajian ini juga mendapatkan feedback yang positif dari salah satu peserta yang mengikuti kajian. Menurutnya, acara seperti ini sangatlah langka dan program seperti ini harus dilestarikan bahkan harus dikembangkan. “Menurut saya acara BPSDMK ini (Kajian Isu Kontemporer) adalah sebuah program yang saya bilang sangat menarik dan patut untuk diapresiasi. Karena saya melihat isu-isu terkini di dunia saat ini perlu pengkajian yang lebih dalam lagi sehingga tujuan daripada diadakannya acara ini dapat terpenuhi. Kedepannya semoga program ini terus berjalan, overall..  goodjob BPSDMK.” pungkas nya saat ditanyai oleh Tim Media Pers PPI Sudan. (NHM) 

Tidak ada komentar